Selasa, 29 November 2011

Yamaha Scorpio Ala KTM EXC



Yamaha Scorpio Ala KTM EXC merupakan sebuah karya dari seorang modifikator yang sudah tidak asing lagi di dunia sepeda motor khususnya tipe penjelajah seperti hasil modifikator lainnya yaitu Modifikasi Yamaha Scorpio Ala Supermoto yang sering dipergunakan untuk tunggangan perhelatan di dalam menjelajahi medang yang sangat extrim.

Hobi pakai motor penjelajah sudah melekat dalam diri Robby Handa. Maklum pemilik bengkel Robby Steam ini hampir setiap bulan ikut gelaran adventure di berbagai kota di Tanah Air. Buat melengkapi besutan, dia menggandalkan Yamaha Scorpio yang sudah berubah wujud menjadi  Yamaha Scorpio Ala KTM EXC yang sudah tidak diragukan lagi kemampuannya menempuh jalan yang sangat terjal sekalipu.

“Sudah punya beberapa motor modifikasi enduro  dari Suzuki TS125 dan CRF223. Penasaran mau punya yang basicnya Yamaha Scorpio seperti halnya Modifikasi Yamaha Scorpio Ala YZF 450 Supermoto dihalaman lain,” jelas pria gabung di komunitas Track (Trail Adventure Jakarta) 

Untuk mengubah tampilan jadi Yamaha Scorpio Ala KTM EXC part yang diaplikasi enggak sedikit. Ini lantaran Robby ingin membuat Scorpio semirip mungkin dengan trail buatan Swedia. “Pokoknya kalau dilihat orang awam enggak nyangka deh kalau ini Scorpio,”  ujar pria buka bengkel di Kelapa Dua, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Biar Yamaha Scorpio menyerupai Ala KTM EXC dibutuhkan satu set kaki-kaki copotan Special Engine (SE). Lengan ayun belakang Robby mengandalkan komponen punya KTM 250 lengkap dengan suspensinya. “Kalau satu set lengan ayun dan sok, pemasangannya enggak terlalu ribet,” jelas Robby dengan logat Betawi kental.

Untungnya upside down juga dari KTM. Alhasil kaki-kaki benar-benar sudah mengandalkan copotan motor satu merek. Bodi, pasang satu set pakai baju KTM EXC Enduro 2008. Makin seperti aslinya, sub frame dari almu. “Karena pakai produk asli, jadi Yamaha Scorpio Ala KTM EXC mirip banget dengan aslinya.”

DATA MODIFIKASI
Bodi            : KTM 2008
Pelek        : TK 21/18
Knalpot      : Custom
Silencer      : Aftermarket

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar